Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan dari Dofollow dan Nofollow

Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan dari Dofollow dan Nofollow
Dalam sebuah tehnik dalam seo, ada istilah kata dari dofollow dan nofollow, istilah tersebut sering dipakai dan digunakan para publisher yang menggunakan tehnik seo dalam website dan blognya untuk melakukan dan mencari backlink dari dofollow dan nofollow. Lalu apa itu dofollow dan nofollow?

Pengertian dari Dofollow dan Nofollow

Dofollow adalah berasal dari Bahasa inggris, yang terdiri dari kata Do dan Follow yang artinya “Mengikuti”. Jadi kita dapat menyimpulkan bahwa Dofollow jika ada link yang tertaut di dalam postingan yang akan mengarahkan ke situs lain secara dofollow, artinya postingan atau backlink tersebut mengikuti link yang ditautkan (Dofollow).

Sedangkan Nofollow kebalikan dari Dofollow yaitu terdiri dari kata No dan Follow yang artinya “Tidak Mengikuti” . Jadi jika ada link di dalam postingan dipasang secara nofollow, tetap saja link tersebut akan mengarahkan ke situs lain tetapi secara tidak mengikuti atau saat google melakukan crawl url tersebut, tidak akan di index sama sekali.

Perbedaan Dofollow vs Nofollow
Dari pengertian diatas, bahwa kita sudah bisa menjelaskan dan perbedaan dari link dofollow dan nofollow. Namun dalam struktur penulisan dan code keduanya sangat berbeda.

Dofollow :
Link Dofollow ini sebenarnya bersifat default. Yaitu setiap link yang kita buat di dalam postingan maka secara otomatis dofollow, jadi kita tidak perlu melakukan settingan lagi untuk cara merubah link dofollow dan cara  membuat link dofollow.
Contoh Link Dofollow :
Untuk melihat contoh link dofollow anda bisa melakukan pengetesan membuat link secara dofollow lalu klik CTRL+U (Page Source) lalu cari link tersebut apakah dofollow atau nofollow, berikut contoh link dari Dofollow :

<a href=”https://forumkomputer.com/”>JuraganTeori</a>

Untuk tips trik cara pemberian dan membuat link dofollow yang baik adalah, saat anda ingin membuat link dofollow kepada orang lain, sebaiknya link tersebut ditautkan kedalam teks yang megandung unsur kata kunci tertarget dari hasil riset keyword anda. Tujuan ini adalah ketika google melakukan perayapan atau crawl, kata kunci dan link dofollow tersebut langsung di index.

Kelebihan Blog Dofollow :
Selain itu, Dofollow sendiri memiliki kelebihan dan kekurangan, yaitu diantaranya dari kelebihan dofollow adalah :
- Cepat menaikkan trafik atau pengunjung pada website anda.
- Selalu mendapatkan komentar atau feedback setiap kali mengupload artikel.
- Artikel akan cepat menempati posisi nomer 1 google search (page rank)

Kekurangan Blog Dofollow :
- Akan terlalu banyak komentar spam.
- Search engine sulit mengindex blog.
- Terlalu banyak link keluar dan dapat menyebabkan rawan banned oleh search engine.

Nofollow :
Link Nofollow ini menegaskan agar Google Bot tidak melakukan perayapan atau crawl kepada link yang bersangkutan. Tetapi disaat pengunjung melakukan klik link nofollow tersebut akan tetap diarahkan ke situs tujuan.

Contoh Link Nofollow :

<a href=”https://forumkomputer.com/” rel=”nofollow”>JuraganTeori</a>

Cara Membuat Link Nofollow :
Untuk membuat backlink nofollow di blogspot sangat mudah, Cara nya seperti biasa disaat anda ingin membuat link pada tulisan pada umumnya, yang anda harus perhatikan adalah mencentang tulisan Add ‘rel=nofollow’ attribute yang berada dibagian akhir settingan saat membuat link. Seperti gambar dibawah ini :


Kelebihan Blog Nofollow :
- Sangat bagus untuk tehnik seo dan di sukai oleh search engine.
- Trafik blog lebih aman dan stabil
- Keluar masuknya link lebih stabil
- Tidak banyak komentar spam dan meminimalisirkan spam

Kekurangan Blog Nofollow :
- Pengunjung akan sepi, karena tidak dapat menaruh link yang diikuti
- Komentar akan sepi karna murni trafik

Link nofollow ini sangat cocok untuk diberikan kepada situs affiliate yang akan kita tautkan kedalam link teks postingan. Karena terlalu banyak membuat link keluar ke situs affiliate sebaiknya kita menggunakan link nofollow agar mengindari dan di cap spam oleh Google.

Itulah beberapa pengertian dan kelebihan apa itu dofollow dan nofollow. Sekian artikel cara mengetahui dan membuat link dofollow dan nofollow, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda dalam cara menggunakan seo untuk blog anda.

0 Response to "Perbedaan, Kelebihan dan Kekurangan dari Dofollow dan Nofollow"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel