Sistem Fungsional Bisnis pada Mata Kuliah Sistem Informasi

Advertisement
Sistem Fungsional Bisnis pada Mata Kuliah Sistem Informasi
Jika anda kuliah dengan mengambil jurusan Sistem Informasi pada Semester 1 kalian akan menemukan mata kuliah Materi Sistem Fungsional Bisnis. Sistem Fungsional Bisnis adalah merupakan system informasi yang ditujukan atau berkaitan dengan untuk memberikan informasi – informasi dengan bisnis perusahaan pada bagian tertentu dalam suatu perusahaan. Sistem informasi berdasarkan fungsional bisnis jenis system informasi yang mendukung ruang lingkup atau stakeholder diantaranya adalah keuangan, pemasaran, akutansi, manajemen sumber daya manusia dan manajemen operasi. Dari gambar dibawah ini kita bisa mengetahui bagaimana system ini mendukung berbagai area fungsional dalam bisnis.

Sistem Fungsional Bisnis pada Mata Kuliah Sistem Informasi
Setelah kita lihat keterlibatan stakeholder diatas, berikut pengertian masing – masing pada ruang lingkup system fungsional bisnis :

1. Sistem Pemasaran
Sistem Pemasaran adalah sebagai suatu system yang digunakan dalam kegiatan pemasaran untuk memudahkan kegiatan pemasaran pada perusahaan sehingga perusahaan tersebut tercapailah suatu tujuan pemasaran tersebut.

Sistem Pemasaran tersebut ada beberapa macam, berikut beberapa macam – macam system pemasaran :
- Sistem Pemasaran Vertikal
- Sitem Pemasaran Horizontal
- Sistem Pemasaran Ganda

2. Sistem Produksi
Pada system informasi produksi mendukung fungsi operasi/produksi yang meliputi semua aktivitas yang berkaitan dengan perencanaan dan pengendalian proses untuk menghasilkan barang atau jasa. Jadi Sistem Produksi adalah suatu proses dimana aktivitas tersebut akan menghasilkan barang atau jasa. Berikut beberapa jenis atau contoh dari system produksi :

- Computer – Integrated Manufacturing (CIM)
CIM adalah pendekatan yang mengintegrasikan berbagai macam system pabrik yang terkomputerisasi. CIM memiliki 3 jenis tujuan dasar yaitu adalah :

- Mengintegrasikan semua proses produksi dan pendukung dengan menggunakan jaringan computer, software lintas fungsi, dan beberapa teknologi lainnya.
- Penyederhanaan semua teknologi dan Teknik produksi.
- Otomatisasi sebanyak mungkin dari proses produksi.

Setelah diketahui 3 jenis tujuan dasar dari CIM, CIM juga memiliki tujuan utama yaitu untuk menciptakan proses produksi yang lincah dan fleksibel secara efesien untuk menghasilkan berbagai produk yang berkualitas tinggi dengan mendukung berbagai konsep. Berikut beberapa contoh konsep dari CIM :

- Sistem Computer-Aided Design (CAD)
- Material Requirements Planning (MRP)
- Computer-Aided Manufacturing (CAM)
- Manufacturing Execution System (MES)
- Manufacturing Resource Planning (MRP)

Berikut gambar detail untuk system produksi :
Sistem Fungsional Bisnis pada Mata Kuliah Sistem Informasi

3. Sistem Sumber Daya Manusia
Sistem informasi sumber daya manusia juga mendukung manajemen sumber daya manusia dalam organisasi. Sistem sumber daya manusia tersebut meliputi sistem informasi yang memiliki fungsi untuk kepegawaian dalam organisasi, pelatihan dan pengembangan, dan administrasi kompensasi, situs Web MSDM di internet atau intranet perusahaan juga menjadi alat yang sangat penting untuk menyediakan layanan – layanan SDM bagi karyawan dan calon karyawan pada perusahaan.

Sistem sumber daya manusia didesain untuk mendukung:
- Perencanaan untuk memenuhi kebutuhan personel perusahaan
- Mengembangkan potensi karyawan
- Mengendalikan semua kebijakan dan program personel
Sistem Fungsional Bisnis pada Mata Kuliah Sistem Informasi

4. Sistem Keuangan dan Akuntansi
Sistem akuntansi dalam system fungsional bisnis ini berbentuk atau berbasis komputer yang mencatat dan melaporkan arus dana melalui pengaturan dan pembuatan laporan keuangan historis. Sistem semacam ini akan menghasilkan prakiraan atau perkiraan kondisi dimana masa yang mendatang. Sistem akuntansi operasional akan menekankan pada pemeliharaan catatan historis dan pembuatan laporan - laporan keuangan yang sangat akurat. Sedangkan Sistem akuntansi manajemen berfokus pada suatu perencanaan dan pengendalian operasi bisnis. Sistem tersebut juga menekankan pada laporan – laporan akuntansi biaya dan laporan analitis yang akan membandingkan kinerja yang sesungguhnya dengan yang akan diperkirakan pada perusahaan.

Itulah beberapa contoh dari system fungsional bisnis, untuk selanjutnya kami akan membagikan materi – materi system fungsional bisnis berbentuk ppt, jadi jangan lupa kunjungi terus website kami agar tidak ketinggalan materi – materi penting untuk anda. Terimakasih.